Selasa, 03 Mei 2016

Alat Peraga ( Tabung Pola Bilangan )


           
        Alat Peraga adalah media atau perantara yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk peserta didik yang menjadi dasar sebelum konsep berpikir abstrak  yang bisa digunakan untuk menyampaikan suatu informasi mengenai suatu hal agar lebih jelas serta dapat dipakai oleh seorang pendidik dalam pembelajaran karena alat peraga mampu diserap oleh mata dan telinga agar dalam proses belajar mengajar dapat berjalanan secara efektif dan lebih efesien dalam penyampaian pesan atau materi pelajaran yang akan disampaikan. Dalam proses pembelajaran kita bisa menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran agar siswa di kelas dapat lebih cepat memahami materi apa yang ingin kita sampaikan seperti pada pelajaran Matematika. Pelajaran ini membutuhkan sebuah penalaran yang kadang membutuhkan sebuah media konkrit agar siswa benar-benar memahami materi apa yang dijelaskan dan tidak bisa diselesaikan dengan hanya membayangkan materi tersebut atau bentuknya abstrak. Oleh karena itu, kita membutuhkan alat peraga untuk memudahkan penyampaian materi agar siswa mudah mengerti dan memahami materi tersebut.

                                                           Alat  Peraga Bentuk Tabung
Salah satu contoh materi Matematika yang bisa digunakan dengan alat peraga adalah pola bilangan, materi ini diajarkan pada siwa SMP kelas VII semester I. Dalam penyampaian materi ini kita bisa menggunakan alat peraga dengan membuat macam-macam bentuk bangun ruang, bangun datar, dan lain sebagainya yang bisa dipraktekkan untuk membentuk sebuah pola bilangan. Alat peraga pola bilangan seperti gambar di atas berbentuk tabung. Tabung-tabung tersebut bisa kita gunakan untuk memperjelas sebuah pola bilangan baik ganjil maupun genap yang terdapat dalam sebuah soal agar siswa bisa tahu cara menyelesaikan soal tersebut dengan memahami angka dan pola selanjutnya.
 

Contoh soal     :
Berikut adalah salah satu contoh soal dari penerapan tabung yang memperjelas pola bilangan pada bilangan ganjil
Diketahui pola bilangan ganil 3,5,...,9,.... Berapakah angka-angka yang tepat untuk melengkapi pola tersebut ?                                                                    
                                                                    

Langkah-langkah pengerjaan :
  1.  Membuat susunan tabung yang sesuai dengan jumlah banyaknya suku pada soal pola bilangan   3,5,...,9,..
  2.  Dari gambar di atas dapat diketahui dengan jelas bahwa selisih dari setiap suku pada pola bilangan yang digambarkan dengan tabung adalah 2. 
  3. Jadi angka selanjutnya setelah 5 bisa didapatkan dari menambah angka 5 dengan angka 2 agar selisih nya menjadi 2 begitupun angka setelah 9.
  4.  Mengaplikasikan angka selanjutnya (setelah angka 5 dan 9) ke dalam bentuk tabung.   
  5.  Dari gambar di atas dapat diketahui angka yang dicari, sehingga angka angka yang tepat untuk melengkapi pola adalah 7 dan 11. 
             Kelebihan alat peraga ini adalah alat ini bisa membuat siswa SMP lebih mengerti dan memahami pola bilangan yang dicari dengan langsung mempraktekkan alat tersebut dengan cara disusun secara bertumpuk sehingga untuk membentuk sebuah pola bilangan maka akan didapatlah hasil pola berikutnya yang dicari, sebab siswa SMP memerlukan sebuah alat yang konkrit untuk memahami sebuah materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan psikologi kognitifnya karena biasanya siswa SMP belum bisa hanya dengan membayangkan pola selanjutnya ( berpikir abstrak ) maka siswa akan mengalami kesulitan dalam penyelesaiannya, oleh sebab itu alat peraga bentuk tabung ini cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran Matematika untuk memudahkan siswa dalam memahami materi tentang pola bilangan. 
           
          Kekurangan alat peraga ini adalah alat ini hanya bisa digunakan dalam memperjelas suatu pola bilangan dalam skala kecil saja, jika ada sebuah pola dengan berskala besar hingga mencapai ratusan atau ribuan maka alat peraga ini tidak bisa digunakan. Alat peraga ini juga tidak bisa dijadikan sebuah soal yang rumit.
 
Dengan demikian alat peraga dalam pembelajaran Matematika berfungsi  :

 1 )  Menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pelajaran khususnya Matematika agar menjadi  lebih    menarik.
       2 ) Metode mengajar akan lebih bervariasi sehingga peserta didik tidak akan mudah bosan. 
      3 ) Konsep abstrak matematika tersajikan dalam bentuk konkrit sehingga lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti. 
     4 ) Membuat peserta didik lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti mengamati, melakukan atau mempraktekkan, mendemonstrasikan materi yang diajarkan.


 

3 Responses so far.

  1. Bagus dan sangat lengkap kak, kalau saran dari saya masukin juga beberapa pendapat dari teman-teman tentang alat peraga kakak. Tetap semangat :)

  2. Unknown says:

    Terimakasih banyak cak, saran icak sangat bagus,, cuman kalau menurut saya nih cak ya hehe maaf sebelumnya,, kalau minta saran tentang alat peraga ini sama pembaca blog ini itu yang lebih baguskan hehe?.. kalau mau masukin pendapat kayaknya ngga perlu sih cak cukup dikomentar ini aja, sebab kalau menurut saya lagi nih heheh blog itu isi aja sama pengetahuan yang bermanfaat.. tpi saran icak sangat bagus dan saya sangat berterimkasih..

  3. Unknown says:

    bagus kak lengkap dan nyaman di baca :D

Leave a Reply

Cari Blog Ini